Tuesday, April 6, 2010

Ciri-ciri Profesionalisme dan Kode etik profesionalisme seorang TI

Tugas 2 Ciri-ciri profesionalisme dan kode etik profesional

Ciri Khas Profesi yaitu :

Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas, suatu teknik intelektual., penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis, suatu periode panjang untuk pelatihan dan sertifikasi.

Ciri - ciri profesionalis yaitu :

  1. Punya kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang tertentu serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang nya.
  2. Punya kemampuan dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
  3. Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
  4. Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.

Pengertian etika adalah suatu ilmu yang mempelajari dan membahas tentang sikap dan perbuatan baik maupun perbuatan buruk yang dimiliki setiap manusia Perbuatan baik suatu hal yang di lakukan dengan baik tanpa meminta imbalan, bersikap iklas dan dapat membuat perasaan orang lain senang. Dan sesuatu yang dikatakan baik akan dihargai secara positif. Sedangkan perbuatan buruk suatu segala hal yang tercela yang selalu tidak sejalan dengan norma – norma masyarakat yang berlaku.

Keahlian seseorang IT bisa terdiri dari 2 segi yaitu positif dan negatif,

Dari segi posotif profesi IT dapat membangun yaitu dengan keahlian mereka, mereka dapat membuat aplikasi yang menjadikan suatu pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif, yang berujung kepada penghematan, kecepatan dan ketepatan.

Dari segi negative profesi IT dapat juga menciptakan alat yang sangat merusak,yaitu seperti program virus, worm, Trojan, dll. Penyebaran virus sangat cepat dan merusak bisa merugikan suatu perusahaan hingga berjuta-juta dalam hitungan hari, bahkan jam.

Jadi sangat diutamakan bahwa seorang IT harus mempunyai etika yang membangun sikap dalam dirinya dan dalam penggunaan ilmu nya.

Sumber : Diadopsi dari materi kuliah Etika & Profesi Teknik Informatika oleh Dr. Budi Hermana

No comments:

Post a Comment