Wednesday, October 13, 2010

Telematika Past Present Future

Kelompok : Rizcky
Suci
Wuri

1). Pengertian Telematika

Awal mula kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis TELEMATIQUE yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul L'informatisation de la Societe.
Telematika menujuk pada hakikat cyberspace yaitu suatu system elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telematika, media dan informasi. Informatika


Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia, disebutkan bahwa teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan onformatika. Senada dengan pendapat pemerintah, telematika diartikan sebagai singkatan dari tele = telekomunikasi, ma = multimedia, dan tika = informatika.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disarikan pemahaman tentang telematika sebagai berikut :


a. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.

b. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam hitungan detik, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.

c. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

2). Telematika pada masa lampau " telematics in the past"

Sejarah telematika di mulai dengan digariskannya arti telematika pada tahun 1978 oleh warga Prancis. Mulai tahun 1970-an inilah Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi.

Memasuki tahun 1980-an, perubahan secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan. Jaringan telpon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunanya masih terbatas. Kemampuan ini dilatarbelakangi oleh kepemilikan satelit dan perekonomian yang meningkat dengan diberikannya penghargaan tentang swasembada pangan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kepada Indonesia pada tahun 1984.

Setahun sebelumnya di Amerika Serrikat, tepatnya tanggal 1 Januari 1983, internet diluncurkan. Sejak ARPAnet (Advance Research Project Agency) dan NSFnet (National Science Foundation) digabungkan, pertumbuhan jaringan semakin banyak, dan pada pertengahan tahun, masyarakat mulai memandangnya sebagai internet.

Tahun 1980-an, teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar jakarta, bahkan di luar pulau Jawa.

3). Telematika saat ini "Telematics in present"

Pada akhir abad 20, dua inovasi utama muncul hampir bersamaan: Internet dan Mobile Phones serta kemampuan komputer yang makin powerfull (miniaturisasi) sebagai enabling technology.
Mengubah “landscape” telekomunikasi dan membangun motivasi yg memicu pertumbuhan ekonomi secara dramatis. Dahulu, dial up menggunakan jaringan telepon tetap adalah satu-satunya media akses yang paling masuk akal agar perorangan dapat terhubung ke internet dari rumah atau kantor. Bahkan warnet-warnet pun banyak mengandalkan dial-up sebagai media koneksi Internet.

Perusahaan penyedia jasa internet mulai tumbuh satu per satu. Indonet merupakan salah satu pelopor untuk hal ini yang kemudian diikuti oleh perusahaan jasa internet lainnya. Hingga suatu saat lahirlah TelkomNet Instan, di mana dengan model seperti ini pelanggan dengan lebih mudah untuk melakukan dial-up tanpa perlu melakukan registrasi. Kecepatan maksimal dari dial-up hanya 57 Kbps.

Serta penggunaan jasa-jasa internet untuk melakukan usaha dan pembelajaran, seperti :

a. E-commerce
Pada prinsip E-commerce tetap pada transksi jual beli. Seluruh proses transaksi dalam perdagangan dilakukan secara elektronik. Dari pemasangan iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, dan juga dalam pengiriman uang atau transfer uang dll.

2. E-government
E-goverment diadakan dengan tujuan untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Negara kita ini yaitu Indonesia, Negara Indonesia sudah membuat suatu badan yang menangani tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). dan Tugas dari TKTI yaitu mengkoordinasikan suatu perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan mengembangkan dan mendayagunaan suatu teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.
TKTI mempunyai beberapa sasaran. Salah satu sasarannya adalah pelaksanaan pemerintahan online berupa bentuk situs atau web. Sehingga dengan adanya sasaran ini pemerintahan juga memberikan suatu layanan kepada masyarakatsecara terbuka. Dan juga lebih mudah dalam pengaksesan nya.

3. E-learning
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.


4). Telematika di masa yang akan datang "Telematics in future"

Pertumbuhan fenomenal dalam dua bidang Telecom (mobile) dan Datacom (Internet) mengarah ke konvergensi dari dua area ini :
1. Internet-like services ingin diimplementasika pd mobile service
- Higher speed mobile network (2.5G, 3G,3.5G,4G) diperlukan.
2. Internet Protocol (IP) memp. peran strategis dlm pengembangan dan implementasi jaringan telekomunikasi (All IP-based core network).

Sistem kedepan harus memp. Karaktersitik sbb:
- All IP based core network
- Multi-access interoperability
- Menawarkan macam-macam teknologi akses ke terminal user dlm suatu arsitektur seamless network
- Multi-mode terminal
- Teknolgi akses berbeda terintegrasi dlm suatu platform common yg fleksibel dan expandable (software radio)
- Horizontal (intra-system) dan vertical (inter-system) handover

Sumber : e-majalah.com, wikipedia, bsrcommunity.blogspot.com

2 comments: